Bangun Malam Tidak Lagi Sulit Jika Lakukan 5 Hal Ini

 

Bangun Malam Tidak Lagi Sulit Jika Lakukan 5 Hal Ini

Kebanyakan orang mengaku sulit untuk rutin bangun malam terutama di sepertiga malam ketiga. Jangankan untuk bangun malam, bangun pagi saja mungkin masih kesiangan. Hal ini bukan tanpa sebab, selain belum terbiasa, terkadang kebiasaan tidur seseorang di malam hari menjadi faktor utama, penyebab orang tidak bisa kembali bangun di sepertiga malam. Misalnya saja orang yang begadang untuk bekerja atau sekedar nonton bola dan berbincang-bincang.

Dalam sebuah riwayat di buku Fathul Bari 1 hal. 278, Rasulullah pernah membenci dua kebiasaan tidur seseorang : “Dari Abu Barzah bahwasanya Rasulullah membenci tidur sebelum isya’ dan bercakap-cakap setelahnya” (HR. Bukhari).

Kebiasaan orang tidur sebelum isya memang akan membuat orang tersebut lalai melakukan sholat isya di awal waktu. Sedangkan kebiasaan orang untuk bercakap-cakap setelah sholat isya akan menyebabkan orang tersebut menjadi tidur larut malam atau begadang. Bukan tidak boleh melakukan percakapan setelah sholat isya, selama percakapan tersebut bermanfaat, maka tidak ada larangan untuk itu. Adapun yang dibenci Rasulullah di sini adalah percakapan yang tidak penting dan sia-sia.

Oleh karena itu, jika Anda ingin lebih mudah bangun di sepertiga malam, perhatikan dan coba ubahlah pola tidur Anda terlebih dahulu. Berikut tips agar mudah bangun malam.

  1. Segera tidur 

Memang tak ada cara yang lebih efektif untuk bisa bangun malam, selain bersegera tidur di awal malam, seperti jika tidak ada hal yang Anda harus kerjakan lagi, maka selepas sholat isya, maka segeralah tidur. Dengan tidur di awal malam, maka Anda akan lebih mudah dan segar ketika bangun malam karena telah cukup tidur.

2. Pasang alarm

Beberapa orang yang punya masalah dalam tidurnya, terkadang masih kesulitan untuk bangun malam, sekalipun ia telah tidur di awal malam. Untuk solusi ini, maka pasanglah alarm, jika satu alarm tidak cukup membangunkan, maka pasanglah beberapa alarm dengan jeda waktu 10 menit sekali.

3. Siapkan handuk basah

Akan selalu ada godaan dalam setiap niat baik, hal ini termasuk jika Anda berniat untuk bangun malam. Awalnya pasti akan terasa berat dan malas. Oleh karena itu, sebelum tidur siapkan terlebih dahulu handuk / kain basah di sisi tempat tidur Anda, manakala Anda telah terbangun namun masih malas, segera ambil handuk basah tersebut lalu usapkan ke muka.

4.  Mintalah bantuan orang lain

Jika 3 hal di atas belum membantu Anda untuk bisa bangun malam, tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk membangunkan Anda. Misalkan salah satu anggota keluarga Anda, suami atau istri atau orang tua Anda. Atau jika Anda tinggal sendirian, mintalah bantuan teman yang telah terbiasa bangun malam untuk miscall Anda.

5. Butuh niat kuat dan doa

Memang dibutuhkan niat kuat untuk Anda bisa benar-benar bangun di malam hari, tanpa niat yang kuat apapun yang Anda cita-citakan tidak akan tercapai, demikian pula halnya dengan bangun malam. Untuk itu, sebelum tidur kuatkan niat Anda terlebih dahulu, jangan lupa untuk berdoa pada Allah agar diberi kemudahan untuk bangun malam.

Nah itulah sedikit tips untuk membantu Anda bangun di malam hari, semoga bermanfaat ya.

author

Author: 

IRT yang punya hobby menulis artikel, seorang kontributor UCNews, pengajar di salah satu MDTA di Kuningan, dan Sarjana Sosial Islam dari salah satu Perguruan Tinggi Islam di Cirebon