Balada Ummi dan 3 Anaknya

 
biasanya emak – emak rempong itu ngeluh anaknya gak suka makan, makannya pilih – pilih. eh Giliran emak yang satu ini pusing anaknya kok makan terus.
 
Selesai makan nasi, minta makan buah pir, habis makan buah pir, minta makan kue, ludes kue makan kurma, kenyang kurma minta makan pisang, abis itu mamam mi..pertanda minta makan nasi lagi.
 
bahkan khusus untuk kurma, 2U khususnya si adek, sampai bisa memilih mana kurma bagus dan mana kurma kw, terbukti kurma kw dibeli 1 kg udah 4 hari gak habis – habis,sedangkan kurma ajwa 1/2 kg habis dalam sekali duduk. oalah neuk..kasian dompet ayahmu..wkwkwk
 
ya.. itulah rutinitas 2U, hobinya makan makan dan makan. bahkan beberapa keluarga yang datang dan menginap dirumah merasa aneh, kok bisa 2U sebentar bentar minta mamam dan itu belum ditambah adek A yang per setengah jam minta jatah “mamam”
 
sebenarnya dikasih sufor apa sih ? kok bisa makannya sebanyak itu? engga sufor om dan tante.. atau jangan – jangan setiap masak dikasih “bumbu Aceh” ya sehingga nafsu makannya luar biasa? wkwkwk
 
Pengen tau rahasianya ?
 
sebenarnya engga ada rahasia sama sekali kok, kuncinya cuma pada pola pengasuhan anak saja.
 
masa sih ? beneran.. cuma pola asuh anak saja. emang pola asuhnya gimana kok bisa si anak bisa sampai minta makan? sedangkan saya udah capek masak yang lezat dibela-belain sampe ngutang ke warung mpok hindun (Ups.. kok jadi curhat), anaknya malah gak mau makan.
 
Pernah juga si anak di tungguin makan ngunyah sesuap nasi sampai sejam gak siap siap ntu nasi di kulum kulum aja sama si adek. wiiih gimana gak kesel pak.
 
haha.. saya yakin, pasti banyak yang ngalami hal diatas. tenang bu ibu.. engga sendirian, banyak kok yang mengalami hal tersebut.
 
jadi gimana solusinya ?
 
Gini.. Pola asuh itu dimulai sejak anak dilahirkan, bahkan lebih extrim lagi sejak zigot baru terbentuk. Yang gak tau search om gugel ya
 
kita skip prosesnya, ketika anak terlahir ke dunia, yang pertama dilakukan apa ? yes.. IMD, berikan ASI kepada si anak bukan sufor.
 
hingga usia 2 tahun penuh, 2U tidak pernah mengecap yang namanya sufor, murni ASI, dan insyaAllah si adek A juga akan diperlukan hal yang sama.
 
ketika anak diberi ASI sedari kecil, maka daya tahan tubuhnya akan lebih kebal terhadap segala penyakit ketimbang anak yang diberi sufor.
 
ketika usianya semakin tumbuh, biasakanlah anak – anak untuk selalu makan masakan rumah. Coba amati, anak – anak yang tidak mau makan biasanya karena sering diberi cemilan jajanan luar, seperti permen (orang aceh bilangnya bonbon), chiki dan sebangsanya, dan lain lain. ssst…yang gak tau chiki berarti masa kecilnya gak bahagia. xixixi
 
ketika mereka lapar, arahkan anak – anak untuk makan karbohidrat, karena tinggal di indonesia yang luaaas banget area pertaniannya maka nasi biasanya menjadi pilihan utama.
 
jika anak – anak menolak, biarkan sesekali mereka merasa lapar dengan tidak memberi makanan apapun termasuk kue kering atau basah.
 
insyaAllah akan terbentuk polanya, dan sedikit saran buat para ibu – ibu hebat yang baca tulisan ini. sesibuk apapun anda, makanan yang anda masak apapun jenisnya terlepas itu kue, mie, risol, bakwan atau hanya sekedar bubur kacang hijau itu nilainya lebih nikmat dibandingkan jajanan yang dibeli anak – anak diluar sana.
 
dan membuat para suami jauuuh lebih sayang kepada anda meski terkadang sulit bagi mereka untuk mengucapkan terima kasih atas kerja keras anda.
 
tapi yakinlah, didalam hati mereka. para suami akan berkata I’m so proud with you .. lovely.
 
dan imbasnya bukan tidak mungkin dalam beberapa waktu kedepan sebuah gamis / baju baru bertengger di meja rias anda.
 
Salam Rempong 😀

#SarapanKata

Rate this article!
Balada Ummi dan 3 Anaknya,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply