Balada Emak – Emak

Balada Emak-Emak…

Berhubung saya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa,jd apa yang saya tulis pun pasti berkaitan dengan keluarga.Ibu rumah tangga adalah wanita hebat yang kerja dari habis subuh sampai subuh lagi.Habis subuhan langsung masak,bikin sarapan untuk keluarga,menyiapkan bekal untuk anak-anak sekolah (jaman sekarang anak SD aja pulangnya pada sore,gak kaya kita jaman dulu sekolah kaya sabun colek “cukup sa’ndulit 😄,jd anak-anak mesti dibekalin nasi biar kenyang gak jajan mulu *ajaran emaknya ini mah,”dek…kalo sekolah jangan jajan terus ya…nanti sekolahnya bodho…😄gak ada hubungannya kali …tp kata inilah yg masih terngiang saat jaman SD dulu kalo minta uang jajan digituin sama emak,saya yakin sih pasti bukan itu alasannya tapi karena memang emakku gak punya duit waktu itu 😄.Tapi sekarang ditambah embel-embel…gak sehat lho,banyak pengawetnya malah jadi penyakit mending uang jajannya ditabung biar duitnya banyak,kalo duitnya banyak kan bisa beli apa saja,inget kan Hemat itu Pangkal Kaya dan bla…bla…bla…nasehat yang cukup panjang tapi ada benernya juga sih…alhasil anak-anak pun pada nurut kaya terhipnotis 😄.Seneng kan kalo punya anak nurut…uuppsstt…kalo sekarang lagi edisi Puasa ya jadi libur dulu bikin bekalnya,Yess !!!
Menjadi seorang Ibu itu gampang-gampang sulit,Betapa tidak…???setiap hari kita selalu disuguhi dengan tingkah polah anak-anak yang terkadang membuat kita jengkel,tapi namanya juga anak-anak ya…sekesal apapun kita sama anak pasti gak akan tega,malah suka nyesel klo kita abis cubit mereka,tapi nyeselnya kaya tobat sambel ya mak…diulangi lagi…diulangi lagi…😄.Tarwih pertama ngajak si kecil yang baru berusia 2tahun 6bulan,baru juga 2 raka’at si kecil sudah ngrengek minta lihat bintang,ini efek kebiasaan setiap malam lihat bintang dengan ayahnya setiap baru sampai pulang dari kantor, sudah jadi agenda rutin rupanya 😄.Segudang aktifitas dijalani dari mulai jadi tukang ojek,supir,koki,baby sitter,pokonya buanyaakkk…Yang kadang suka nyesek nih…kalo kita minta diantar ke pasar sama suami.”Mas…anter ke pasar dong,mau beli sayur…”. “jawabnya “ya ntar…*sambil asik nonton film atau maen game ” Emak-emak masih sabar nunggu tapi tetep pake hitungan sambil ngomel dalam hati “awas nih yee gw tunggu 30 menit,gw matiin tuh tv klo belom gerak juga” Ternyata berdasarkan pengalaman selalu lewat 😄,”Tepp…suara tombol tv dimatiin, “Lho kok dimatiin tv-nya ?” “Bagaimana kau ini…aku minta kau antar ke pasar kau sibuk dengan tv mu itu,awak mau ke pasar sendiri kau larang-larang awak naek motor ke jalan raya,kau bilang bahayalah…inilah …itulah…pusinglah awak nih…terus awak mesti gimana ??? Pokoknya kalau kau tak cepat-cepat antar awak ke pasar tak ada memasak hari ini,makan angin sajalah…” Mendadak logat bataknya keluar klo lg esmosi eh emosi 😄(Mohon maaf untuk warga Batak …bukan bermaksud Rasis atau apalah…🙏🏻),Mujarab benar dengan sedikit ancaman gokil …😄,langsung tak berkutik tuh bapak-bapak…daripada istrinya gak masak nanti malah jebol kantongnya karena minta makan ke resto,paling minimal warung Padang buat makan nanti…mateng banget nih itungannya bapak-bapak klo terjadi kasus kaya begini 😄.Era sekarang ini…emak-emak kudu bisa nyupir,soalnya repot sekali rasanya kalo kita harus bergantung sama suami atau siapapun,Maaf ya…ini untuk hal-hal yang urgent seperti ada anggota keluarga kita yang sakit,dan harus secepatnya butuh perawatan ke rumah sakit,kita bisa langsung jalan sendiri…gak mungkin toh kita telpon suami untuk pulang untuk antar kita ke rumah sakit “Loe pikir perusahaan nenek moyang loe…”kasarnya seperti itu,maklumlah kalo masih nguli sama orang ya harus ikutin prosedur,jd gak bisalah seenaknya saja,semua ada aturannya,ada tingkat level urgentnya.Kenapa saya bilang emak-emak kudu bisa nyupir,ini pengalaman saya “Ketika anakku sakit dan harus dibawa ke Rumah Sakit tapi bingung pak supir masih dikantor”dan juga “pengen bisnis dagang pake mobil tapi terkendala sama mental nyupir”Akhirnya belajar…belajar…belajar…akhirnya bisa deh bawa mobil sndiri ke jalan raya,tinggal urusan sim nya nih…Yess!!!

lanjut besok ya baladanya…

Salam,
-penulis-

#SahurKata
#KMO01

Rate this article!
Balada Emak – Emak,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Leave a Reply