Apa Manfaat Dari Sunah Nabi Tentang Mematikan Lampu Sebelum Tidur?

Apa Manfaat Dari Sunah Nabi Tentang Mematikan Lampu Sebelum Tidur?

Seringkali ketika malam datang, banyak diantara kita merasa takut akan kegelapan. Rasa takut tersebut membuat kita bahkan tidak berani untuk mematikan lampu saat hendak pergi tidur. Padahal tahukah Anda? Mematikan lampu di malam hari apalagi sebelum tidur merupakan salah satu sunah nabi.

Sebagaimana hadist Rasulullah Bukhari No.6296 dan Hadist Muslim No.2012 : Dari Jabir Bin Abdullah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Matikanlah lampu-lampu di waktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian”.

Dalam hadist lain disebutkan pula : Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah bersabda: “Janganlah kalian meningalkan api yang menyala ketika kalian tidur”. (HR. Bukhari. No.6293)

Lampu atau api pada jaman nabi Muhammad SAW bisa berarti penerangan. Bukan tanpa maksud nabi memerintahkan kita untuk mematikan lampu di saat akan tidur, selain sebagai tindakan kehati-hatian untuk mencegah kebakaran, ternyata mematikan lampu saat tidur juga bermanfaat bagi kesehatan.

Berdasarkan situs hellosehat.com (06/09/2017)dikatakan bahwa tubuh manusia terutama mata dapat merespon cahaya dan mengatur ulang jam sikardian. Hal ini berfungsi manusia  dapat memperoleh tidur yang berkualitas. Karena cahaya yang masuk ke mata, sesungguhnya akan merangsang sel saraf otak untuk mengontrol hormon melatonin yang membuat tubuh merasakan kantuk.

Dengan kondisi lampu padam saat tidur, ini berarti cahaya yang masuk ke mata juga sedikit, maka tubuh dengan bebas melepaskan hormon melatonin. Sebaliknya, jika lampu masih menyala tubuh akan bingung untuk melepaskan hormon melatonin, dan efeknya tidur Anda menjadi kurang nyenyak dan tidak berkualitas.

Selain bermanfaat untuk menjaga kualitas tidur, mematikan lampu saat tidur juga dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya, seperti obesitas dan kanker payudara pada wanita, diabetes, depresi, insomnia dan darah tinggi.

Jadi, jika Anda masih punya kebiasaan tidur dengan lampu menyala, maka tak ada salahnya untuk mulai mematikan lampu sebelum tidur, selain mendapat pahala sunah dengan menjalankan anjuran nabi, Anda pun akan menjadi lebih sehat.

author

Author: 

IRT yang punya hobby menulis artikel, seorang kontributor UCNews, pengajar di salah satu MDTA di Kuningan, dan Sarjana Sosial Islam dari salah satu Perguruan Tinggi Islam di Cirebon