Anak Pandai Berkata “Tolong”, “Maaf”, dan “Terimakasih”

Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah. Butuh sebuah keyakinan dan kesabaran yang ekstra besar. Memahami dan mengenal anak dengan berbagai karakter yang berbeda tentunya membutuhkan suatu perhatian yang khusus. Dan hal itu tidaklah bisa dilakukan hanya dalam hitungan jam, hari, atau bahkan minggu. Mungkin diperlukan waktu seumur hidup untuk melakukannya. Dan hal itulah yang membuat diriku untuk terus belajar.
Seperti saat ini aku sedang mencoba untuk membiasakan anak-anakku berkata baik dan sopan seperti kata “tolong”, “maaf”, dan “terimakasih”. Sebuah kata yang simple artinya tapi sangat berpengaruh besar dalam kehidupannya kelak. Walaupun kelihatannya mudah ternyata dalam prakteknya sungguh sulit dan tidak mudah. Apalagi yang kita ajari adalah anak-anak yang biasanya belum paham dan mengerti akan makna dari kata-kata tersebut. Namun hal itu bukanlah sebuah alasan yang menjadikan kita tidak berusaha untuk mengajarkannya.
Bagaimana caranya aku mengajarkan ketiga kata tersebut yang biasanya disebut kata-kata ajaib terhadap anak-anakku?
1. Dilakukan dari sejak dini
Mengajarkan anak untuk berkata “tolong”, “maaf”, dan “terimakasih” sebaiknya dilakukan sejak dini. Karena mereka akan lebih mudah menerima dan menangkap hal itu lebih cepat serta lebih mudah tertanam dalam memori mereka. Dengan diajarkan sejak dini harapannya mereka mengenal hal positif tersebut lebih awal.
2. Dilakukan secara berulang-ulang
Anak akan lebih mudah menerima sebuah pesan jika hal itu lakukan secara berulang-ulang serta terus-menerus. Hal itu supaya pesan yang ingin disampaikan tertanam kuat dan mengakar dalam kesehariannya.
3. Berikan contoh dari orang tua
Anak akan lebih mudah menyerap sebuah pesan atau ajaran jika mereka melihat sendiri dari orang tuanya yang terbiasa melakukan hal serupa. Dengan adanya contoh yang nyata dari orang terdekat yaitu orang tua maka anak akan cenderung lebih mudah meniru dan melakukan hal yang sama.
4. Berikan pujian ketika berhasil melakukannya
Ketika anak sudah berhasil melakukan hal yang diajarkan untuk berkata baik, maka sebaiknya kita memberikan sebuah apresiasi dengan memberikan pujian. Hal itu untuk menunjukkan bahwa kita memberikan perhatian atas hal-hal baik yang mereka lakukan. Serta membuat mereka lebih bersemangat untuk terus melakukannya.
5. Selalu praktekkan di manapun, kapanpun, dan dengan siapapun
Membiasakan anak untuk berkata baik tidak hanya di rumah saja. Justru praktek yang sebenarnya adalah ketika hal itu selalu dilakukan di manapun, kapanpun, dan dengan siapapun. Sehingga kebiasaan itu menjadi kebiasaannya yang positif baik di rumah atau di luar rumah.
Begitulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak kita bisa berkata baik di manapun, kapanpun dan dengan siapapun. Selamat mencoba!

#sarapankata

#kmoo3

Tags:
author

Author: