Anak Kurang Percaya Diri?

Ayah bunda, kenapa ya anakku kalau di rumah aktif tapi setelah di luar rumah jadi pemalu ?

Begitulah salah satu curhat orang tua tentang keadaan anaknya. Anak aktif di rumah tapi pasif di luar rumah berarti anak tersebut lagi belajar bersosialisasi dengan lingkungannya. Kepasifan di luar rumah banyak penyebabnya, selain rasa percaya diri yang kurang juga karena belum ada rasa aman dan nyaman yang diterima dilingkungan luar rumah.

Bagaimana meningkatkan rasa percaya diri pada anak ?

Berikut caranya :

1. Biarkan anak bereksplorasi

Maksudnya beri ruang anak untuk melakukan yang dia mau selama tidak membahayakan, jangan banyak larangan. Contoh adik jangan main tanah nanti kotor, adik jangan main hujan nanti sakit dll. Masa anak-anak adalah masa berpetualang, mau tahu ini itu jadi berikan kesempatan mereka mengeksplore rasa keingintahuan mereka tapi tetap dalam pengawasan orang tua.

2. Jangan berikan anak predikat pemalu

Terkadang orang tua masih suka keceplosan mengatakan anaknya adalah seorang yang pemalu dan susah. Sebaiknya orang tua angkat harga diri anak di depan orang banyak walau tidak berlebihan dalam memuji, hal tersebut akan membuat atau memancing keberanian si anak untuk keluar.

3. Ajak anak keluar bersosialisasi

Bawa anak ke acara-acara yang melibatkan banyak orang seperti pengajian, arisan, kondangan, seminar, bakti sosial. Makin sering anak melihat orang banyak disekitarnya maka semakin nyaman pula dia berada didepan umum nantinya.

4. Masukkan anak ke sekolah / kursus

Sekarang ada PAUD yang salah satu gunanya untuk mengajari anak untuk bersosialisasi.

5. Dorongan orang tua

Jika anak belum mampu untuk melakukan apa yang kita mau dan belum melakukan apa yang seharusnya sudah bisa ia lakukan jangan dimarahin atau dijelekkin. Tetap beri semangat dan bimbing secara pelan-pelan.

Semoga bermanfaat ya ayah bunda.

Sumber :
Kumpulan tips dari grup parenting wa online.

Rate this article!
Anak Kurang Percaya Diri?,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply