Alternatif Kontrasepsi Selain Hormonal

Saya adalah salah satu dari ibu yang tidak bisa menggunakan kontrasepsi hormonal. Dikarenakan faktor intern yang memang tidak mendukung. Memang, banyak yang memilih metode ini, karena dianggap praktis. Namun jangan lupa, kontrasepsi hormonal mempunyai efek samping. Dari efek samping ringan, berupa wajah berjerawat, tidak menstruasi atau bahkan flek-flek. Hingga ke efek samping berat, timbul gejala tumor. Maka, tidak semua ibu bisa menggunakan kontrasepsi hormonal ini. Apa saja pilihanĀ  KB lainnya yang bisa dipakai?

 

  1. Metode alamiah. Metode ini yang paling aman dan tidak mempunyai efek samping. Hanya sangat membutuhkan kerjasama kedua belah pihak. Harus dilakukan dengan persetujuan dari suami. Yang termasuk metode alami ini adalah dengan menggunakan sistem kalender dan mencegah berhubungan suami istri pada saat masa subur. Tentunya bisa dilakukan jika istri mempunyai jadwal bulanan yang teratur. Termasuk juga dalam metode ini yaitu senggama terputus. Bila tidak adanya kerjasama yang baik, akan memperbesar tingkat kegagalan metode ini.

 

  1. Metode barrier/penghalang. Selain efek samping yang kecil, metode ini juga bisa bermanfaat untuk mencegah penularan penyakit seksual. Diperlukan kerjasama kedua belah pihak juga untuk menggunakan kontrasepsi ini. Terdiri dari kontrasepsi yang digunakan perempuan (spons, kondom wanita) dan ada juga yang digunakan laki-laki (kondom). Efek samping yang mungkin terjadi, bila ada alergi akibat ketidakcocokan terhadap penggunaan kontrasepsi ini. Konsultasikan terlebih dulu ke petugas kesehatan.

 

 

  1. Spiral/IUD. Keuntungannya jangka panjang. Hanya diperlukan satu kali pemasangan dan kontrol berkala sesudahnya. Tidak ada efek ke hormonal, sehingga tidak mengganggu jadwal menstruasi. Namun, pada beberapa ibu bisa menyebabkan efek samping timbul flek-flek. Yang pasti, tidak diperbolehkan untuk ibu yang mempunyai infeksi radang panggul atau gejalanya. Pemasangan spiral inipun memerlukan persetujuan dari pihak suami.
author

Author: 

Leave a Reply