ALLAH JUGA BISA ‘KECEWA’

Apakah anda seorang Muslim yang taat dan Rajin Shalat?
Apakah Anda seorang Muslim yang dermawan dan gemar bersedekah?
Apakah Anda juga seorang Muslim yang Hafal berjuz juz Alquran?

Jika Iya, Masya Allah. Sungguh keberuntungan adalah milik kehidupanmu dunia dan Akhirat. Insya Allah.
_______
Begitulah salah satu respon kekaguman kita pada orang-orang yang memiliki kelebihan dalam Ibadahnya. Seperti surga Allah sudah menjadi Jaminan untuk mereka tempati kelak.

Namun, Percayakah Sahabat. Ternyata semua tingkatan Ibadah-ibadah itu bukan penjamin kita menjadi orang yang selamat dunia Akhirat.

“Kenapa bisa begitu? Bukankah Janji Allah pasti untuk orang2 yang bertaqwa? Bukankah Allah juga menyukai orang-orang Muhsin (suka Berbuat baikI)?”

Jawabannya adalah,

“Karena Itu Tak cukup!”

Allah adalah Tuhan semesta Alam, Allah maha mendengar, Melihat dan Mengetahui Apapun yang Tampak dan Sirr (Samar). Maka, kebaikan yang bersifat tampak saja tidak Cukup Bagi Allah. Tidak cukup!

Manusia yang melakukan kebaikan dan ketaatan yang semata2 ingin dipuji dan bukan semata-mata Karena Allah tidaklah dapat menjadikan Ibadah yang ia lakukan sebagai peruntungannya.

Saat setitik saja ada rasa riya, maka sama Halnya kita menipu Allah. Mencari Perhatian Manusia sama halnya dengan menyekutukan Allah. Dan hal itulah yang akan membuat Allah akan sangat KECEWA terhadap kita.
____

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

قَالَ اللَّهُ تَعَالَى أَنَا أَغْنَى الشُّرَكَاءِ عَنِ الشِّرْكِ مَنْ عَمِلَ عَمَلًا أَشْرَكَ فِيهِ مَعِي غَيْرِي تَرَكْتُهُ وَشِرْكَهُ

“Allah Ta’ala berfirman ; “Aku sangat tidak membutuhkan sekutu. Barangsiapa beramal dengan suatu amalan, dia mneyekutukan selain Aku bersama-Ku pada amalan itu, Aku tinggalkan dia dan sekutunya” [HR Muslim, no. 2985]
__

Ini juga disebutkan dalam Hadist Rasulullah tentang Amalan yang sia-sia. Yang meski kita puasa sehari semalam ataupun shalat tahajjud setiap malam pasti tetP kan sia-sia jika kita tidak meluruskan niat.

sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam :

رُبَّ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوعُ وَرُبَّ قَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ قِيَامِهِ إِلَّا السَّهَرُ

“Alangkah banyak orang yang berpuasa, namun ia tidak mendapatkan bagian dari puasanya kecuali lapar. Dan alangkah banyak orang yang shalat malam, namun ia tidak mendapatkan bagian dari shalat malamnya kecuali begadang”

[HR Ibnu Majah, dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, dan dishahihkan oleh guru kami Syaikh Al-Albani dalam Shahihul-Jami, no. 3482]
_____

Masih mau cari Perhatian Manusia??

Cepat-cepatlah beristigfar,
cepat-cepatlah memperbaiki niat,
Jika anda tetap melakukannya, meski anda adalah seorang Imam besar di Baitullah pun, Amalanmu takkan ada guna danAllah akan meninggalkanmu.

Naudzubillah …

Rate this article!
Tags:
author

Author: