Alasan Mengapa Menulis

Alasan Mengapa Menulis?

Menulis dan penulis, adalah dua hal yang erat. Menulis adalah yang menyatakan perbuatan pelakunya dan penulis adalah yang menyatakan pelaku atas suatu perbuatan, dan perbuatan itu adalah tulis. Menurut opini yang saya kembangkan menulis adalah menggoreskan sesuatu pada media dengan pola atau alur yang mampu dimengerti oleh lingkungan sekitar. Hal yang demikian bersifat abadi jika dimedia yang digunakan adalah media yang tidak lapuk termakan oleh cuaca dan sulit untuk dihancurkan.

Kehidupan seseorang memang singkat, lahir, tumbuh, dewasa, tua, mati atau bahkan sebelum mengenal dewasa kita sudah mati. Yang penting adalah bukan mati namun perjalanan menuju mati, apa yang sudah kita lakukan dalam perjalanan menuju mati, dan apa yang kita tinggalkan sesudah mati.

Menulis itu sama saja kita merekam jejak kehadiran kita dimuka bumi untuk diketahui atau untuk dikenang, seperti halnya sejarah kerajaan kutai, kita mengetahuinya dari prasasti yang ditemukan di Kalimantan Timur, maka dari itu kita mengetahui pernah ada Kerjaan Kutai di Nusantara. Ada banyak sekali cara untuk menunjukan kehadiran kita dan salah satu nya dengan menulis.

Seseorang dinyatakan pernah ada jika keberadaannya sendiri dapat dibuktikan, bagaimana jika seseorang pernah ada namun tak ada yang bisa membuktikan keberadaanya? Bukankah seperti hanya mitos atau cerita saja.

Dengan meninggalkan jejak rekam hidup kita, maka dengan hal seperti itu kita dapat diakui keberadaan selama hidup, bukan seperti mitos atau hanya cerita saja, tidak seperti buih yang ada lalu hilang begitu saja.  Rekam jejek tersebut harusnya yang adalah yang baik – baik , dari sebuah tulisan yang baik, yang bisa menginspirasi, memotivasi dan dapat mengubah kehidupan seseorang kearah yang lebih baik maka akan menjadi amal jariyah untuk diri sendiri.

Duhai sungguh menulis itu indah, kita dapat merekam perjanlanan hidup, baik itu pemikiran, opini atau pun kisah fiktif dan fakta. Saya akan mengkonfirmasikan opini saya, buka dikenang itu tujuan utamanya, tujuan yang terpenting adalah memberi manfaat bagi orang – orang dan lingkungan sekitar kita, dengan apa yang kita pelajari dalam hidup dan dituangkan kedalam tulisan.  Bukankah yang demikian kita turut membantu orang orang yang membutuhkan pandangan kita. Tulisan juga adalah teman duduk paling setia, tak akan merasakan kesendirian bagi orang yang suka membaca, nah! Sekarang bagaimana kita bisa menciptakan teman setia yang istimewa, yang bisa memberi solusi, memberikan sedikit cahaya.

Kita hanyalah apa dan hanyalah siapa? Namun nasihat yang berkembang adalah dengarlah apa yang dikatakan jangan lihat siapa yang mengatakan, bahkan kebenaran tetaplah kebenaran meskipun iblis yang yang mengucapkannya.

Maka alasan saya menulis adalah saya ingin membuat jejak rekam kehidupan saya , yang dapat mengubaha hidup seseorang, memotivasi dan menginspirasi , sehingga menjadi amal jariyah untuk saya kelak.

By : Lutfi Hidayati

16 Nov 2016

Rate this article!
Alasan Mengapa Menulis,5 / 5 ( 1votes )
Tags:

Leave a Reply