AKU BISA MENULIS

Menulis merupakan seni, dengan menulis dapat merangkai kata demi kata sehingga menjadi sebuah kalimat penuh cerita yang bermakna.

Menulis akan memberikan pengetahuan tengtang apa yang akan terjadi di masa mendatang serta memahaminya seiring berjalannya waktu. Bukan hanya melalui berbicara kita dapat meluangkan cerita, tetapi harus diluangkan dalam sebuah tulisan. Dorogan seseorang untuk menilis berawal dari sebuah imajinasi serta pegalaman-pengalaman.

Menulis adalah sebuah olahraga, karena dalam menulis tidak terlepas dari sebuah aktifitas, kita dapat saja menuangkannya. Pada awal sebuah penulisan akan memikirkan tentang tema apa yang akan dituliskan, menulis dapat menambah inspirasi juga sangat bermanfaat bagi kita, kita dapat menuliskan suatu kejadian yang pernah kita alami dalam menyusun suatu buku ataupun karya tulis lainnya, dengan hal itu akan dapat mengngatkan kemampuan kita sampai seberapakah. ada juga yang mengeluh karena sangat sulit untuk menulis, terutama menulis sebuah karya ilmiah. Merasa memiliki otak beku dan sulit sekali mengeluarkan ide tulisan dalam bentuk karya tulis.

Orang yang terbiasa menulis sudah pasti gemar beraktifitas membaca sebuah buku yang dapat menambah wawasan mereka. Tanpa proses membaca penulis tidak akan bisa membuat sebuah tulisan, namun sayangnya tidak semua orang senang membaca, sehingga menulis menjadi hal yang sangat menyulitkan dan menakutkan. Ketika menganggap sulit sebuah penulisan, maka kesulitanlah yang didapatkan, dan akan terasa mudahketika kita tidak menganggap beban sebuah penulisan, justru akan semakin mudah dalam penulisan sebab pada dasarnya menulis adalah suatu hal yang mudah. Kita dapat menuliskan apa saja yang ada dalam fikiran kita kemudian meluangkannya dalam sebuah tulisan agar dapat dipahami orang oleh lain.

Ketika menganggap sulit alam sbuah penulisan, maka akan sulit pula merangkai kata, karena ada rasa putus asa dan tidak percaya diri hingga akhirnya tidak melakukan apa-apa, yang ada hanya diam termenung hingga tak sepatah kata atau kalimat yang tertulis dengan penuh makna. Mencoba untuk mandiri dan dari kemandirian itulah akan merasakan sebuah kesulitan menjadi kemudahan. Dalam Al-Qur’an juga dijelaskan ”bahwa didalam kesulitan pasti ada kemudahan asalkan tidak mengenal putus asa”.

Semakin merasakan nikmat saat menulis. Awalnya saya penasaran akan apa yang membuat tidak jenuh saat menulis. Ya, menulis adalah inspirasi untuk berfikir. Dari situlah saya termotivasi sangat ingin menulis karena dengan menulis bisa mengembangkan kreativitas, lebih menghargai usaha sendiri juga orang lain. Saat menulis biarkanlah pikiran dan hati menyatu ketika dituliskan dengan jari jemari. Menulis merupakan aktivitas intelektual juga dapat menghilangkan kepenatan. Bila ada usaha dan terus menulis bukan tidak mungkin mereka akan menjadi penulis handal di hari kemudian.

Tidak ada teman menulis dan membacaun jadi, membaca dan menulis merupakan teman di setiap kita membutuhkannya kita butuh juga inspirasi untuk membuat suatu karya , jadi berbahagialah dan berusahalah mencari kreativitas, tunjukkan bahwa kita bisa menjadi seorang penulis handal. Selagi kita bsa menuis kenapa tidak, sedangkan yang ingin menulis saja tidak mempunyai kebutuhan fisik, yang akhirnya mereka tak kuasa mwlakukannya. Menulis dapat mengolah suatu kejernihan otak untuk berfikir, berimajinasi, berapresiasi, dan berkreasi, juga dapat menghilangkan kejenuhn dan menambah suatu pengetahuan, pastilah dengan menulis kita akan mencari suatu hal aatu masalah yang akan kita tulis.

Menulis dapat diartkan sebagai alat komunikasi seseorang, karena didalamnya sebuah tulisan tersebut terdapat pendapat seseorang mengenai suatu hal, dapat juga mencari sebuah berita dan meringkas informasi yang kemudian bisa kita olah dari informasi atau kejadian nyata tersebut. Bagi saya menulis merupakan pembebasan jiwa, dengan menulis kita bisa mnuangkan ide-ide dari pikiran kita untuk orang lain. Kalaupun tulisan kita dimuat di media atau dibukukan, biarlah itu menjadi sebuah bonus dari keinginan yang tulus untuk berbagi melalui tulisan.

Manfaat apa yang bisa kita ambil dari menulis? Kita bsa menambah wawasan dengan menulis. Dengan kata lain orang yang mau menulis wawasannya akan luas karena akan mambaca dan selalu membaca untuk memperkaya inspirasinya. Baik membaca buku, artikel, tulisan-tulisan orang lain.

Dalam menulis dapat menumpahkan segala sesuatu yan mengganjal di hati. Menulis memiliki alasan-alasan tersendiri. Dari sekedar kesenangan, kenginan untuk belajar atau karena iseng dan sekedar mengisi waktu. Yang pasti menulis berari menyampaikan pikiran dan perasaan lewat tulisan.

Tentu saja masih banyak fungsi dan manfaat lain dari menulis yang dapat diperoleh. Misalnya, menulis sebagai hiburan belaka juga bisa diperoleh; menulis untuk menyampaikan informasi; menulis untuk menyampaikan harapan atau keinginan; menulis untuk menunjukkan sikap; untuk mendidik dan banyak lagi manfaat lainnya. Jika menulis begitu banyak manfaatnya alangkah baiknya jika menulis dapat dilakukan secara teratur dan berkelanjutan.

Menulis menuntun kita menuju masa depan,tergantung kita sendiri bagaimana cara menjalaninya, tetapi saya yakin apabila kita sungguh sungguh dan ingin berusaha membuktikan yang terbaik, maka suatu keinginan tidak mungkin tidak tercapai, karena semua yang menentukan adalah Allah meskipun melewati diri kita sendiri. Maka buktikanlah bahwa kita bisa dan yakin untuk menuju masa depan kita yang lebih baik, selagi kita dapat melakukan itu semua, maka marilah kita memulainya. Sekian banyak orang yang tidak menyadari dan tidak menghargai betapa banyak sekali kelebihan-kelebihan yang bisa kita dapat lewat cara kita menulis. Percayalah bahwa kita pasti bisa, walaupun kita baru mencoba banyak-banyaklah juga menambah dan berbagi pengalaman dengan orang lain.

 

Rate this article!
AKU BISA MENULIS,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: