Agar Kakak Tak Cemburu Pada Adik

Kehadiran adik di tengah-tengah keluarga kecil tentu merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Namun terkadang kita tak sadar, ada yang merasa tersisih dengan kehadiran sang adik. Siapakah dia? Tentu saja si Kakak.

Si Kakak yang dulu merupakan pusat perhatian, kini dia tak lagi menjadi satu-satunya yang diperhatikan di rumah. Apalagi ibu, pasti lebih fokus mengurus bayi, sehingga kakak makin merasa tersisih dan tidak mendapat perhatian.

Efek dari cemburu ini sendiri bisa menjadikan kakak seseorang yang berbeda. Mungkin dia akan lebih cepat marah, menyakiti adik karena merasa adik adalah penyebab dari terisisihnya sang Kakak dan mungkin perilaku buruk lainnya. Sehingga cemburunya sang Kakak ini harus segera diantisipasi.

  1. Libatkan kakak dalam mengasuh sang Adik

Agar kakak tidak merasa tersisih, mulailah dengan melibatkan kakak untuk membantu mengasuh adiknya. Bisa dengan hal-hal kecil misalnya ketika adik ngompol, minta tolong kakak ambilkan popok dan kain bedong.

  1. Melakukan aktifitas mengasuh bersama

Belikan kakak boneka yang memerankan adik, jadi ketika ibu sedang sibuk mengurus adik kakak akan meniru mengurus bonekanya. Jika sudah selesai berikan pujian. Dengan demikian kakak akan merasa senang dan merasa sudah besar untuk mengasuh dan merawat bonekanya.

  1. Kenalkan adik sejak masih dalam kandungan

Edukasi sang kakak bahwa sebentar lagi dia akan punya teman kecil di rumah, yaitu adiknya yang kini masih di dalam perut. Dengan mengetahui bahwa sebentar lagi kakak akan memiliki teman baru maka kakak akan turut antusias menyambut kehadiran sang Adik.

  1. Libatkan Kakak dalam mengambil keputusan terkait dengan adik

Kakak pasti senang ketika kita minta tolong memilihkan sesuatu untuk adiknya. Misalnya warna kain bedong, motif popok atau baju. Dengan melibatkan kakak dalam memilih barang untuk adiknya sedikit demi sedikit akan melatih tanggung jawabnya sebagai kakak.

  1. Luangkan waktu berdua dengan kakak

Kakak pasti rindu bermain berdua saja dengan ibu seperti dulu sebelum adik hadir. Nah luangkan waktu juga untuknya berdua saja bermain bersama ibu, sementara adik ikut ayah, nenek atau asisten rumah tangga. Bermain berdua dengan kakak akan membuatnya merasa masih diperhatikan oleh ibu, tidak melulu di adik

  1. Mengajak kakak bermain bersama adik.

Biarkan kakak bermain bersama adik, ibu cukup mengawasi dan mengarahkan. Biasanya kakak akan berperan sebagai orang dewasa sebagaimana ibu memperlakukan adik. Selain menumbuhkan rasa tanggung jawab seorang kakak, interaksi akan memperkuat kasih sayang antara kakak dan adik.

  1. Jangan membandingkan

Ibu masih suka membadingkan antara kakak dan adik, atau justru orang-orang di sekeliling kita atau keluarga besar? Sebaiknya hindari orang-orang yang membandingkan kakak dan adik karena hal ini akan memicu kecemburuan sang kakak.

  1. Sabar

Jangan menggunakan emosi ketika sang kakak meluapkan rasa cemburunya. Sesekali merasa cemburu kepada adik adalah hal yang wajar. Berikan pengertian dengan lembut jangan gunakan kemarahan, karena marah hanya akan membuatnya makin tidak terkontrol. Jika kakak belum mau mendengarkan mungkin kakak perlu waktu untuk menenangkan diri.

 

Perlu kesabaran ekstra memang untuk mendidik anak dan mengarahkan perilakunya kearah yang baik. Karena itulah proses yang memang harus dilewati orang tua.

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: