ADA APA DENGAN GURU

 Image result for gambar guru mengajar

Oleh : Nida wulandari

 

Profesi guru jaman sekarang bukan lagi seperti jaman umar bakri, bersepedah ontel dan tinggal di rumah kecil berdinding bilik. Bahkan ada selogan “guru pahlawan tanpa tand jasa”. Betapa mulianya propesi guru sehingga muncul istilah tanpa tanda jasa yang berarti guru mendidik tanpa pamrih.

Jika dibandingkan dengan profesi lain, gaji guru memang kecil. Seperti tidak sebanding dengan peranya yang sangat besar untuk mencerdaskan generasi penerus negeri ini. Lantas apa yang menjadi indikator kesuksesan bagi seorang guru?

Apakah hartanya yang melimpah dengan rumah dan mobil mewah, atau menghasilkan murid yang berhasil dan sukses sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan?

Guru adalah seorang pendidik. Guru yang menjadi ujung tombak dalam dunia pendidikan, maka guru menjadi figur terdepan, teladan para siswa. Guru yang secara langsung mengajarkan menulis dan membaca yang menjadikan siswa melihat dunia. Maka seolah-olah keberhasilan siswa adalah keberhasilan guru.

Pergeseran paradigma pendidikan dari sisi guru sebagai seorang pendidik dari sudut pandang materi yang dijaminkan untuk guru. Sejak beberapa tahun yang lalu muali diadakan program sertifikasi guru. Guru dituntut menjadi pendidik yang profesional yaitu dengan diberikannya sertifikat profesi bagi yang sudah memenuhi kelayakannya. Selain diberikan sertifikat profesi, guru juga diberikan tunjangan profesi yang sering disebut uang sertifikasi.

Setelah adanya program ini banyak sekali kehidupan guru-guru dari segi ekonomi naik kelas. Sekarang banyak guru yang mampu naik haji, mampu beli mobil, mempunyai rumah mewah. Ternyata jumlah penghasilan mempengaruhi pada gaya hidup.

Namun peningkatan kesejahtraan yang diperoleh guru kurang sejalan dengan output pendidikan yang menjadi salah satu indikator kesuksesan guru, yaitu peserta didik yang sukses. Merosotnya kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya dapat dilihat dari pringkat-pringkat prestasi pendidikan Indonesis di dunia yang ternyata hanya menduduki urutan-urutan jajaran bawah.

Profesi guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa tidak bisa dihitung dengan materi. Besarnya jasa guru tidak tergantikan dengan berapapun besarnya tunjangan yang diberikan. Namun keberhasilan guru juga tidak hanya dapat dilihat dari keberhasilan siswa, karena banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa. Hal ini juga yang menjadi salah satu landasan, perbincangan yang cukup mengkhawatirkan para kaum guru yaitu penghapusan tunjangan sertifikasi.

Banyaknya prilaku menyimpang yang dilakukan oleh para pelajar yang mengkhawatirkan masyarakat juga menjadi cerminan untuk dunia pendidikan kita. Hanya saja jika ditelusuri secara mendalam PR pendidikan di negri kita bukan saja untuk guru sebagai ujung tombak. Banyak pihak yang juga mempengaruhi pada pendidikan seperti peran orang tua di rumah, pemerintah yang membuat kebijakan-kebijakan tentang pendidikan, dunia teknologi, informasi dan komunikasi, serta pihak-pihak lainnya yang berkaitan baik secara langsung ataupun tidak langsung dengan pendidikan. Perlu kerjasama yang baik dan tujuan yang sama agar pendidikan dapat lebih baik.

 

Rate this article!
ADA APA DENGAN GURU,5 / 5 ( 1votes )
Tags:

Leave a Reply