7 tips manajemen waktu di pagi hari untuk emak

Wahai emak-emak hebat…

Pernah ga ngrasain riweuh bin hebohnya pagi hari. Saat anak-anak mau sekolah, ada satu baju yang belum di setrika, trus nyetrika dulu, sambil nunggu minyak di kompor panas trus di tungku sampingnya ada se-baskom air untuk mandinya si dede yang tetiba pengen mandi air hangat. Ayah yang sudah manasin mobil sejak tadi, tiba-tiba bersuara dari dalam kamar ; “Buuund, tolong matikan mesin mobiil.”

Pernah ga ngrasain pagi-pagi, si kakak sudah siap berangkat, jemputan sekolah sudah mau datang, tetiba si adek ngambek gegara ‘cuma’ warna kaos kaki sepatu yang dipakai, ga mecing. Si adek sudah berusaha nyari di kotak kaos kaki tapi ga nemu. Si kakak ga mau dimintain tolong untuk bantu cari kaos kaki adek. Si emak pun mulai bertanduk.

Pernah ga ngrasain semua sudah sarapan, bekal makan siang pun sudah disimpan di tas masing-masing anak, ayah sudah di mobil, anak-anak sudah di teras, tetiba si bungsu menghampiri, “Bunda, aku mau ipup (buang air besar).”

Ya…itu adalah secuil kondisi di pagi hari bagi para sebagian besar emak di seantero jagat bumi. Heboh, seru, riweuh dan senang menyatu. Namun  ‘keseruan’ itu bisa bertambah bila , para emak, tidak berusaha mengaturnya tugas olah kerja sebaik mungkin. Termasuk dibutuhkannya keputusan cepat bila ada iklan-iklan seperti anak ngambek di tengah keriuhan di pagi hari. Sebenarnya,  keseruan di pagi hari, bisa dibuat asik loh untuk semua anggota keluarga, terutama sang manager rumah tangga, ibu. Bagaimana cara mengelola waktu selama kurang lebih dua hingga tiga jam di pagi hari saat suami mau berangkat kerja, anak-anak ke sekolah dan si balita bangun saat yang lain siap berangkat?.

Setiap keluarga mempunyai kebiasaan dan visi yang berbeda, maka tentu saja cara mengelola waktunya pun akan berbeda. Namun, tongkat kendali utama tetap ada di imam keluarga dan manager operasionalnya adalah ibu. Maka di sinilah peran ibu sangat kental akan terlihat. Semakin konsisten dilakukan bukan tidak menutup kemungkinan akan menular kebiasaan mengelola waktunya pada anak-anak. Termasuk bagaimana cara kita, orang tua, mengerjakan semua tugas pagi.

Berikut 7 tips bagaimana cara mengelola waktu di pagi hari untuk emak :

  1. Biasakan menuliskan to do list harian. Tuliskan prioritas pagi apa yang akan dilakukan esok. Ini akan membantu saat kita lupa pada saat, misalnya,  ada kejadian di luar perkiraan kita, saat pagi hari. Tempel di area yang sering terlihat mata. LAKUKAN segera. Jangan pake nanti apa lagi besok.
  2. Siapkan barang-barang yang akan dibawa esok hari oleh suami atau anak-anak pada malam hari sebelumnya. Untuk anak, kita hanya perlu mengingatkan saja. Minta anak sendiri yang memasukkan langsung ke dalam tas setiap barang yang diperlukan untuk esok hari.
  3. Biasakan makanan yang akan diolah esok pagi untuk sarapan, sudah siap olah. Untuk lauk, sudah dilumuri bumbu, jadi tinggal nggoreng. Untuk sayuran, sudah disiangi/dibersihkan terlebih dahulu. Besok pagi, tinggal cemplung-cemplung, selesai ga pake lama.
  4. Bangun 1,5 atau dua  jam sebelum shubuh. Setelah sholat malam, lakukan me time sejenak. Bisa membaca al quran, membaca buku kecintaan beberapa lembar atau sekedar minum teh hangat.
  5. Bangunkan anak-anak kira-kira 10 menit sebelum azan subuh berkumandang. Karena kalau sudah kesiangan, tensi tinggi penguasaan emosi bisa menular pada anggota keluarga yang lain. Entah itu suara teriakan atau terburu-buru melakukan sesuatu.
  6. Selama beraktifitas pagi, nyalakan murotal hafalannya anak-anak.
  7. Bekerja samalah dengan suami dan anak-anak dalam pembagian tugas harian yang disepakati tiap minggunya.

Semoga bermanfaat

Tags:
author

Author: 

2 Responses

  1. author

    najmalimonu2 years ago

    Nice share. Merasa kayak gue banget githu pagi2 serasa punya 8 tangan yang semuanya bergerak hehehe thanks tipsx

    Reply
    • author
      Author

      ikaprat2 years ago

      hihhi…kita tosss mba najma…

      Reply

Leave a Reply