7 tips emak melakukan perjalanan darat dengan balita

Long weekend mau pada kemana niih? libur dari Sabtu, Minggu dan Senin looh, lumiyin banget untuk keluarga yang mau menghabiskan waktu bersama-sama ke luar kota. Tujuan berlibur banyak banget berseliweran di medsos yang bisa jadi pilihan keluarga. Naah, karena long weekend nih, biasanya macet di mana-mana, terutama tempat-tempat wisata. Sebagai emak yang punya krucil-krucil, pasti riweuhnya sudah mulai terasa H-2 ya…dah mulai cari-cari lokasi yang bisa menjawab tantangan bermainnya si sulung biar ga BT plus jadi ajang bersosialisasi si bungsu sampai persiapan krentilan baju, makanan ringan, mainan pun siap di bawa. Pokoknya, yang namanya masih punya anak-anak balita, mau jalan-jalan itu persiapan kudu mateng, gapapa juga dikira rombongan sirkus mau manggung, segala rupa dibawa. Ini namanya sedia payung sebelum hujan toh.

Berikut 7 tips perjalanan seru ala emak yang bisa dishare di sini :

1. Bagi anda yang masih memiliki bayi, jangan melakukan perjalanan darat lebih dari tiga jam, kecuali anda sudah pernah melatih bayi anda perjalanan jauh sebelumnya.

2. Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, berhentilah setiap 3 jam sekali selama beberapa menit untuk mengajak anak-anak balita anda berjalan atau sekedar menghirup udara segar di luar kendaraan bila melakukan perjalanan jauh. Ini untuk mengantisipasi anak rewel dan bosan selama perjalanan.

3. Selalu sediakan mainan kesukaan anak seperti boneka kesayangan, buku tulis, pensil warna di tas anak. Termasuk makanan ringan serta buah kegemaran keluarga.

4. Batasi penggunaan gadget untuk anak selama perjalanan. Manfaatkan waktu selama perjalanan dengan bernyanyi bersama, bercerita apapun mengenai apa yang dilihat selama perjalanan. Jadikan hal tersebut ruang diskusi dan menggali apa yang mereka ketahui.

5. Pastikan kendaraan sudah diservice beberapa hari sebelum keberangkatan, dicek kembali di bengkel yang anda percaya agar aman selama perjalanan. Sediakan perlengkapan standar di mobil anda. Jangan lupa, P3K pun harus disiapkan betul ya. simpan di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak.

6. Sediakan satu tas khusus yang anda mudah dijangkau. Isinya mulai dari baju ganti anak dan suami selama perjalanan, mukena, tissu basah, sabun cair, power bank, uang receh, hp dan barang lain yang menurut anda penting. Sehingga, saat butuh selama di perjalanan, anda tidak perlu bongkar koper. 

7. Yang terakhir dan yang paling penting adalah dompet berisi beberapa lembar uang kartal serta aneka kartu pintar yang anda miliki. Selama perjalanan, akan sangat efektif bila anda mulai beralih menggunakan transaksi non tunia. Selain aman juga efesien dan efektif digunakan. Biasanya, selama libur panjang seperti sekarang. Tol dalam dan luar kota pun macet. Anda punya kartu pintar? Naah, manfaatkan kartu e-toll anda dengan baik.

Semoga bermanfaat dan selamat berlibuuuurr.

-kazaizafa

Tags:
author

Author: