7 tips belanja efektif plus efisien berbonus hemat ala emak

Wahai emak-emak hebat…Suka gatel ga sih kalau ke pasar lihat baju-baju anak perempuan nan lucu cantik menggemaskan serasa pengen diborong semua untuk putri tercinta?


Kepengen banget beli rasanya kalo lihat barang tertentu lagi diskon gede. Serasa mau masukin aja ke keranjang belanjaan pas lihat ada potongan tambahan atau berhadiah barang tertentu untuk pembelian minimal seratus ribu.


Waah…baju kek gini beli dua gratis satu?. Duuh, beli ga yaa, kan bajunya si abang udah mulai ada yang belel niiih.


Belum lagi kalau kita belanja di pasar tradisional, pedagangnya semua punya ringtone yang sama; “Nyari apa kakak…? gamis terbaru harga murah dengan semua warna pilihan ada kok, masuk dan lihat-lihat aja silahkan.”


Ingaaat…semua itu godaan. Eh tapi beneran loh kalau itu godaan, apa lagi kalau barang-barang godaan tadi tidak ada dalam daftar belanja kita. Waah…bisa bocor terkuras habis isi dompet kita nih.


Berikut 7 tips yang bisa kita gunakan untuk menangkal godaan saat belanja agar belanja kita menjadi efektif, efisien berbonus hemat. 


1. Biasakan membuat catatan barang yang dibutuhkan untuk dibeli saat akan pergi ke pasar. Yang dibutuhkan yaaa, bukan yang diinginkan.


2. Setelah ditulis seluruh kebutuhan anda, urutkan berdasarkan jenis atau lokasi pembelian. Misalnya, anda belanja sayuran, cabe, minyak, gula dan ikan. Maka susun urutan aneka sayuran, lalu ikan dan terakhir sembako. Ini memudahkan anda mengecek ulang saat di pasar nanti.


3. Taat dan patuhi catatan anda selama berada di pasar.


4. Datang saat pasar atau toko-toko baru mulai buka. Biasanya kita akan lebih mudah menawar harga barang dan keluarlah kalimat pembuka yang manis didengar,”oke deh bu, panglaris karna belum ada yang beli”.


5. Saat datang ke pasar, cari barang yang tertera pada catatan, coret bila barang itu sudah terbeli. Bila tidak tahu lokasinya, segera tanya dengan petugas atau penjual toko mengenai lokasi barang yang menjual barang-barang dalam catatan anda. Ini akan memangkas waktu pencarian toko bila anda belum tahu dimana lokasinya.


6. Bawa uang cash dengan jumlah yang kira-kira sesuai dengan pembelian anda saat ke pasar nanti. Sebagai emak hebat, tentu anda sudah bisa memperkirakan akan habis berapa rupiah belanja saat itu bukan. Membawa uang berlebihan akan meloloskan godaan yang muncul di tengah jalan.

 

7. Terakhir, seperti sabna Nabi SAW bahwa pasar adalah tempat yang paling buruk, maka sebelum masuk ke pasar atau pusat perbelanjaan, bacalah doa terlebih dahulu agar kita terhindar dari kejelekan dan keburukan yang di daam pasar. Berikut doa yang dinukil dari hadist at Tirmidzi :

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ.

yang artinya : tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dialah Yang Hidup dan tidak akan mati. Ditangan-Nya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: