3 Tahapan Mendidik Anak Usia 0 Sampai Usia Dewasa

Sudahkah anda mendidik anak anda sesuai dengan tahapan perkembangannya?

Seringkali dalam mendidik anak mengikuti pola seperti apa yang dulu kita rasakan, seperti orang tua kita mendidik kita. Tidak ada yang salah jika kita mengikuti pola pendidikan orang tua, faktanya sudah terbukti mnghasilkan anak yang seperti kita sekarang, namun kita harus mengevaluasi hal apa yang dapat membuat kita jadi baik dan hal apa yang kurang baik.

Terkadang orang tua memperlakuakn anak kecil seperti orang dewasa atau sebaliknya anak yang sudah dewasa masih diperlakukan seperti anak kecil.

Pendidikan orang tua terhadap anak dimulai dari dalam buaian tahap demi tahap sangat mempengaruhi pada jenjang berikutnya. Pendidikan orang tua pada anak usia dini akan mempengaruhi prilaku anak untuk usia-usia selanjutnya, bahkan jika tidak dirubah pola pendidikannya akan terus terbawa sampai usia dewasa.

Karakteristik anak setiap tahapan usianya akan berbeda, oleh sebab itu orang tua harus mengetahui tahapan tumbuh kembang anak. Namun secara garis besar dalam mendidik anak sejak usia 0 sampai usia dewasa kita dapat mengelompokannya menjadi tiga tahap.

  1. 7 tahun pertama kehidupan anak

Tujuh tahun pertama kehidupan anak adalah usia 0 sampai 7 tahun.

Pada masa usia ini anggaplah anak sebagai raja. Pada usia ini anak belum bisa apa-apa, masih perlu banyak prlindungan dan bimbingan dari orang tua. Prilakunya masih polos dan alamiah, hatinya masih bersih, maka orang tua harus menjaganya baik-baik agar hati anak tidak terluka. Menjaga anak dari segala macam kekerasan baik fisik ataupun mental. Perlakukan anak dengan lemah lembut dan tidak banyak melarang kegiatan anak, karena aktifitas anak pada usia ini lebih didorong oleh rasa ingin tahunya yang begitu tinggi.

  1. 7 tahun keua kehidupan anak

Tujuh tahun kedua kehidupan anak adalah usia 7 sampai dengan 14 tahun. Pada masa usia ini perlakukan anak sebagi pembantu. Perbedaan yang cukup jauh dari raja menjadi pembantu. Maksudnya pembantu di sini adalah anak yang belajar membantu orang tua. Orang tua dapat melatih sedikit demi sedikit untuk membantu orang tua, menuruti perintah orang tua. Prilaku anak yang sekiranya kurang baik mulai diarahkan. Pada usia inilah anak ditegaskan dalam membedakan baik dan buruk.

  1. 7 tahun ke tiga kehidupan anak

Tujuh tahun ketiga adalah usia anak memasuki masa dewasa. Pada usia ini kita menganggap anak sebagai penasehat. Anak yang mulai dewasa menandakan bahwa usia orang tua yang semakin tua. Anak semakin dewasa sedangkan orang tua akan menuju tua yang semakin lemah. Sehingga pada masa ini lah anak diajak untuk menyelesaikan masalah dalam keluarga, memberikn solusi untuk masalah orang tua dan keluarga. Pada usia ini anak mulai menuai hasil dari didikan orang tuanya.

Tiga tahapan dalam mendidik anak di atas semoga dapat membantu para orang tua dalam mendidik anak-anaknya.

Tags: