3 KEBAHAGIAAN DALAM BULAN SUCI RAMADHAN

Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia karena meruapakan bulan berkah dan terdapa kebahagiaan tersendiri dibandingkan dengan bulan-bulan lain.
Berikut saya akan membahas 3 hal rasa bahagia yang luar biasa dalam bulan ramadhan.
1. Bahagia saat berbuka puasa di bulan Ramadhan
Puasa mengajarkan seseorang untuk rendah hati selalu. puasa merupakan kebutuhan bukan sekedar kewajiban, puasa merupakan pendidikan bukan beban belaka. Orang-orang yang berpuasa akan merasakan bahagia saat ia menyelesaikan ibadah puasa (Berbuka puasa) karena ia dapat melakukan kembali perkara-perkara yang dilarang saat ia berpuasa. Dan lebih dari itu, ia akan berbahagia karena kepuasaan batin yang dirasakannya saat ia dapat melaksanakan ibadah kepada Allah dengan mengharap pahala dari-Nya. Entah kenapa rasa bahagia sangat besar sekali saat bebuka puasa, ada yang melakukan buka puasa bersama dengan keluarga ,saudara dan teman-temannya. Sungguh indah dan bahagia sekali bebuka puasa di bulan Ramadhan, terlepas buka puasa saat berpuasa kapan saja itu juga bahagia. Tapi memang berbuka puasa di bulan Ramadhan memiliki magnet rasa bahagia tersendiri. Itulah mengapa bulan ramadhan selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia.
2. Bahagia saat makan sahur di bulan Ramadhan
Menjelang waktu sahur banyak anak-anak kecil, pemuda dan bahkan orang-orang kampong dengan bahagia mendakan musik patrol dengan tujuan membangunkan orang-orang untuk menyiapakan menu makan sahur. Sahur bukanlah pengganti makan malam hari, dan bukan pula bagian dari sarapan pagi, namun sahur merupakan waktu yang penuh berkah dan maghfirah, ia merupakan waktu dan saat-saat doa diijabah oleh Allah SWT. karena itu bagi setiap muslim hendaknya mengisi waktu-waktu tersebut dengan kebaikan dan doa, shalat dan permohonan.
3. Bahagia saat mengikuti shalat tarawih di bulan Ramadhan
Saat bebuka puasa hati merasa bahagia sekali karena bisa kumpul bersama keluarga menunggu waktu isya’ kemudian dilanjutkan shalat tarawih bersama di musholla atau masjid. Salah satu kebahagiaan yang tidak terkira pada bulan ramadhan adalah melakukan ibadah sebanyak-banyaknya, selain ibadah wajib yang memang Allah telah sediakan pahala berlipat ganda berupa 70 kali lipat, begitu pula amal ibadah sunnah yang pahalanya seperti melakukan amal ibadah wajib. Dan diantara sunnah yang dianjurkan untuk diamalkan pada bulan Ramadhan dan tidak ada pada bulan lainnya adalah shalat sunnah tarawih atau qiyam lain. Pada malam hari umat Islam disunnahkan untuk pergi menuju masjid, mushalla dan tempat ibadah guna menunaikan ibadah shalat tarawih ini. Bahagia sekali rasanya bisa berbondong bonding menuju masjid bersama keluaraga, sodara atau teman untuk melakukan shalat tarawih yang memang menumbuhkan rasa bahagia yang luar biasa.
Oleh:

Tags:
author

Author: