14 Macam Persiapan Mudik Bersama Anak

Indonesia memiliki tradisi saat hari raya Idul Fitri yang tidak dimiliki oleh negara lain. Tradisi ini bernama “mudik”, istilah lain dari pulang kampung .

Saat mudik, keadaan jalanan sangat padat. Tidak jarang, waktu tempuh menuju tempat tujuan pun jadi berlipat ganda.

Bagi keluarga yang ingin membawa balita mudik, tentu memiliki tantangan tersendiri.

Apa saja yang bisa disiapkan oleh Ayah Bunda untuk menyamankan anak dalam perjalanan?

1. Camilan Favorit
Sebelum berangkat, usahakan agar perut anak sudah terisi. Selain itu, Bunda juga bisa menyiapkan camilan kesukaan anak. Makanan yang ringan dan tidak berbau menyengat. Lengkapi dengan air putih yang disimpan dalam botol-botol.

2. Tas Perlengkapan Anak
Kondisi di perjalanan yang belum bisa ditebak, mengharuskan kita untuk bersiap mengantisipasi setiap keadaan. Siapkan tas yang berisi perlengkapan anak dengan isi: handuk kecil, popok, baju ganti yang mudah menyerap keringat, minyak bayi, kaus kaki, tissue, plastik serbaguna dan sebagainya. Letakkan dalam tempat yang mudah terjangkau.

3. Baby Carseat (Tempat Duduk Bayi)
Jika membawa bayi, baby carseat bisa menjadi pilihan agar anak dapat menikmati perjalanan dengan nyaman.

4. Buku dan Mainan Favorit
Buku cerita dan mainan bisa menghilangkan rasa bosan anak selama perjalanan panjang. Pilih buku dan mainan favorit anak. Jika perlu, libatkan anak dalam memilih buku dan mainan yang mau dibawa.

5. Bantal dan Selimut
Udara di mobil bisa menjadi sangat dingin di malam hari sehingga selimut diperlukan supaya menjaga anak tetap hangat. Sedangkan bantal, membuat anak nyaman tidur selama berkendara.

6. Gendongan Bayi dan Anak
Saat macet dan anak rewel, salah satu solusinya adalah keluar dari kendaraan jika situasi memungkinkan. Gendonglah anak dengan nyaman sekaligus Bunda meluruskan kaki yang pegal selama perjalanan.

7. Stroller (Kereta Bayi dan Anak)
Selain gendongan, membawa stroller yang mudah dilipat dan tidak memakan tempat akan sangat berguna jika Ayah Bunda mau mengajak anak berjalan-jalan di sekitar tempat peristirahatan.

8. Lagu Favorit
Siapkan lagu favorit anak di gawai Ayah Bunda. Nyanyikanlah bersama-sama dalam perjalanan agar suasana ceria dan semangat tetap terjaga.

9. MPASI (Makanan Pendamping Asi)
Jika Ayah Bunda membawa bayi yang masih mengonsumsi MPASI, maka siapkan peralatan wajibnya seperti termos, wadah anti tumpah, botol kecil, panci kecil, kompor listrik, botol minum dan sebagainya.

10. Toiletries
Sabun mandi, sisir, sikat gigi, pasta gigi, lotion hingga baby cream perlu dibawa. Agar praktis, untuk anak bisa membawa sabun plus shampoo.

11. Obat-obatan
Pastikan obat-obatan pertolongan pertama selalu tersedia di dalam mobil.

12. Payung dan Jas Hujan
Selalu sediakan payung dan jas hujan di dalam mobil.

13. Cooler-box
Jika diperlukan, bawalah cooler-box khusus untuk mobil. Cooler-box bermanfaat untuk menyimpan minuman hangat atau dingin dan makanan.

14. Tandai Rest Area
Sebelum berangkat, Ayah Bunda bisa menandai rest area mana saja yang akan menjadi tempat transit selama perjalanan. Usahakan menemukan rest area yang nyaman untuk anak sehingga anak bisa berjalan-jalan melepaskan penat.

Itulah hal-hal yang bisa Ayah Bunda lakukan agar perjalanan mudik anak menyenangkan. Jangan lupa berdoa bersama agar perjalanan lancar dan sampai tempat tujuan dengan selamat. Selamat menikmati mudik. 😊

(Ayas Ayuningtias)
#SahurKata #KMO23

Referensi: Dari berbagai sumber

Rate this article!
Tags: