10 Tips Saat Pindahan Rumah

 

Kali ini saya mau membahas tips untuk pasangan yang akan pindahan rumah. Based on my true story, yang sampai empat kali pindahan sejak kehamilan anak pertama sampai anak berumur satu tahun. Jadi, paham sekali dengan berbagai kesulitan yang dialami.

  1. Disarankan melakukan pindahan rumah sebelum mempunyai anak. Atau ketika anak sudah agak besar. Ini, kenapa saya jadikan poin pertama. Yup. Persiapan sebelum terjadi. Saya sendiri, pindahan rumah dengan situasi anak masih berumur 1 tahun. Merasakan betul kesulitannya. Adaptasinya dobel. Tentu syarat satu ini, hanya saran. Bukan harga mutlak ya. Mari ikuti tips selanjutnya 😀
  2. Ketahuilah terlebih dahulu situasi di tempat tujuan kita. Sebelum pindahan, tentunya sudah pasti mau pindahnya kemana. Ya, kan! Sebelum pindahan, jauh hari kita sudah pastikan. Luas rumahnya seberapa. Sudah direncanakan, tempat-tempatnya mau ditaruh dimana perabotan kita. Lakukan pengukuran lebih baik. Kalau hanya membayangkan, bisa saja kesalahan.
  3. Saat mengepak barang pastikan diberikan judul pada kardus dan juga dari mana tempat asalnya. Ini penting. Agar nantinya kita tidak pusing. Dan juga meminimalisir kehilangan perabotan. Alangkah baiknya juga saat berberes, kita juga sekalian memilah, yang mana tidak berguna dan akan berakhir ke kotak sampah, atau pun bisa kita sumbangkan ke orang lain. Jadi, hanya yang penting yang kita bawa pindahan.
  4. Lakukan di hari libur, rencanakan bersama pasangan, kapan waktu yang tepat untuk melakukan pindahan.
  5. Minta bala bantuan. Kita perlu rencanakan juga, siapa yang bisa membantu kita pada saat hari pindahan. Bila tidak ada sanak saudara, bisa dengan mengupah orang lain.
  6. Tentukan juga anggaran yang diperlukan untuk pindahan. Terutama bila harus menyewa jasa orang lain.
  7. Rencanakan kendaraan untuk pindahan. Apakah punya kendaraan sendiri atau menyewa. Pastikan mobil apa yang dikendarai. Tentukan barang apa yang akan lebih dulu diangkut. Dan kira-kira berapa kali dilakukan pengangkutan. Perhatikan juga medannya.
  8. Miliki nomor kontak pesan antar makanan. Ini penting! Saat melakukan pindahan, kita tidak akan sempat untuk istirahat mencari makan di luar. Apalagi memikirkan masak memasak. Pada hari pindahan, fokus saja. Maka memesan antar makanan akan sangat membantu. Jangan lupakan jadwal makan anak, untuk yang pindahan setelah punya anak. Juga untuk makan mereka semua yang membantu kita pindahan.
  9. Tidak usah mengejar kesempurnaan. Semampunya berberes. Pastikan tidak lupa tempat menaruh barangnya saat sedang merapikan. Boleh dilakukan bertahap. Apalagi kalau pindahannya punya anak kecil seperti saya tempo hari.
  10. Rencanakan acara syukuran rumah. Selain agar tempat tinggal kita yang baru berkah, juga sebagai sarana untuk mengenal tetangga baru. Bersosialisasi dengan tetangga itu penting, kan!

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply