10 Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Anak yang Soleh/ Solehah

Saat seorang anak lahir, setiap orangtua pasti memiliki sejumlah harapan serta mendoakan segala kebaikan untuk anaknya, agar kelak menjadi anak yang pintar, sehat, soleh/solehah, sukses dunia akhirat dan lain sebagainya. Dari sekian banyak harapan tersebut, keinginan memiliki anak yang soleh dan solehah merupakan dambaan terbesar bagi setiap orangtua, karena anak yang soleh/ solehah adalah salah satu simpanan yang kelak bermanfaat untuk di akhirat kelak.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631).

Namun, akankah kita mendapatkan anak-anak yang soleh dan solehah apabila kita tidak pernah mengusahakannya? Patutkah kita bermimpi akan ada anak-anak yang soleh dan solehah yang kelak akan memanjatkan doa-doa untuk kita jika kita tidak pernah memberikan pendidikan agama bagi anak kita? Setiap manusia hanya akan menuai apa yang mereka tanam.

Mendidik anak membutuhkan kesungguhan, pengorbanan, keikhlasan, kesabaran, dan ilmu yang memadai, supaya orangtua dapat menanamkan akidah dan akhlak yang baik yang sesuai dengan syariat agama kepada anak-anaknya.

Beberapa poin berikut di bawah ini dapat membantu orangtua di rumah dalam mendidik dan mengasuh buah hati mereka agar kelak dapat tumbuh dan menjadi anak-anak yang soleh dan solehah seperti yang diharapkan.

  1. Berikan keteladanan yang baik.
  2. Ciptakan suasana islami melalui pendidikan dan pergaulan
  3. Biasakan anak bangun sebelum waktu subuh.
  4. Kenalkan batasan aurat pada anak semenjak kecil.
  5. Bimbinglah anak-anak kita untuk mengenal Allah.
  6. Pastikan anak-anak kita senantiasa mendirikan shalat dan menjaga ibadah-ibadah wajib yang lain.
  7. Membekali anak-anak dengan ilmu agama, meliputi ilmu akidah, ilmu ibadah, ilmu tentang halal dan haram (dalam makanan, percakapan, tindakan, pergaulan, dan lain sebagainya), ilmu tentang kebersihan hati, ilmu tentang kewajiban sebagai seorang muslim, ilmu membaca Al-Quran, ilmu tentang adab-adab sebagai seorang muslim.
  8. Dekatkan anak-anak kita dengan masjid, musholla atau surau.
  9. Tanamkan kepada anak-anak sikap cinta ilmu, para ulama, dan majelis ilmu.
  10. Berilah petuah dan nasehat kepada anak-anak kita.

Dan jangan lupa untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar memberikan kemudahan bagi kita dalam mendidik dan membesarkan anak-anak agar mereka dapat tumbuh menjadi anak-anak yang soleh dan solehah sesuai yang kita harapkan.

Barakallahu fikum, semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita semua, aamiin allahumma aamiin.

Dirangkum dari materi Seminar Keluarga Sakinah Al-Sofwa, Level 3

Menyemai Benih Rabbani Sang Buah Hati, oleh Abu Ihsan Al-Atsari, M.A.

 

author

Author: 

Leave a Reply